Saturday, June 11, 2011

Aki MF (Maintainance Free) Bebas Kerak

MF biasa disebut aki kering, dianggap jenis baterai yang bebas perawatan. Punya MF berarti hemat energi. Tangan nggak perlu ngorek kotoran di terminal aki seperti yang sering terjadi di aki basah. Ini yang membedakan MF dengan accu basah.

Kerak yang sering muncul diterminal aki basah lantaran tekanan saat motor hidup. Menimbulkan uap dan menempel di kabel yang terhubung di terminal aki. Akibatnya terjadi reaksi antara uap dan logam kabel. Maka, kadirlah, eh timbulah kerak.

Beda dengan baterai MF. Karena bahannya sejenis jel, tekanan saat mesin bekerja nggak menimbulkan uap. "Kecil risikonya muncul kerak," yakin Sachruddin Technical Support PT GS Battery, Sunter, Jakarta Utara.

Aki MF tanpa isi ulang. Pastinya usia 5 tahun bisa tembus untuk pemakaian baterai MF. Setelah itu enggak bisa dipakai. "Tapi, seandainya ada masalah mesti direcharge alias cas ulang. Termasuk mengencangkan baut di terminal secara berkala," bilang Sachruddin lagi.

Meski begitu, ada juga orang yang sama memperlakukan aki kering dan basah. Ini menyangkut perlakuan pengendara. Misal, tanpa sadar rem belakang terus diinjak saat motor digeber. Di sini baterai dipaksa bekerja secara terus menerus.

Makanya, jangan kaget kalau mendadak umur aki jadi pendek. "Kasus seperti ini banyak kita temui. Padahal kondisi motor standar," beber Sachruddin yang murah senyum itu.

Jadi, MF battery adalah jenis aki yang membuat penggunanya lebih nyaman karena sangat praktis. Seperti di motor Honda, seluruh type bebeknya, Supra X125, Absolut Revo 110 dan Blade 110 serta Matic Honda, Vario, Vario Techno dan BeAT sudah menggunakan MF battery.

9 November 2009 13:50
(Source: motorplus 9 November 2009)

No comments:

Post a Comment